• Jum. Mar 29th, 2024

Bersama Kemenkominfo RI, Pemkab Tangerang Lakukan Evaluasi NTPD 112

Byadmin

Agu 20, 2021

TANGERANG, (beritasiber.co.id) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang melaksanakan evaluasi lanjutan terkait Pemetaan (Mapping) dan Ujicoba (Test Call) pada layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 di Kabupaten Tangerang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Kamis (19/8/21).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wareng Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang tersebut, juga dihadiri oleh tim operator telekomunikasi dari beberapa provider dan juga penyedia jasa yakni PT Jasnita dan PT Informedia.

Dalam Kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang Tini Wartini menuturkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kesalahan mapping pada layanan NTPD 112.

“Adanya kendala-kendala yang cukup berpengaruh pada layanan NTPD 112, salah satunya jaringan yang harusnya ke Call Center 112 Kabupaten Tangerang tetapi malah menyambungkan ke Call Center 112 pada wilayah lain,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan masyarakat merasa antusias menggunakan layanan tersebut sehingga banyak aduan-aduan yang masuk, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Dalam hal ini, Diskominfo Kabupaten Tangerang bersama Kemenkominfo melakukan pengecekkan serta uji coba layanan NTPD 112 apakah masih diterima di wilayah lain atau tidak. Pengecekkan dilakukan pada 5 Kecamatan yakni Kecamatan Tigaraksa, Kecamatan Jayanti, Kecamatan Balaraja, Kecamatan Cikupa dan juga Kecamatan Sindang Jaya.

Ia juga menungkapkan bahwa sempat terjadi atau masih adanya kendala pada saat ujicoba di lapangan, namun beberapa saat kemudian layanan tersebut sudah diterima kembali oleh Call Center 112 Kabupaten Tangerang.

“Setelah dicek secara langsung, memang tidak ada kendala lagi sehingga masyarakat Kabupaten Tangerang dapat menyampaikan aduannya atau kebutuhannya yang harus segera ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Sementara itu, Trisna Daryanti dari Kementerian Kominfo RI mengatakan kendala tersebut bukanlah berasal dari jaringan seluler tetapi dari perangkat yang digunakan.

“Hasil evaluasi setelah diuji dengan seluler, bukan berasal dari jaringan selulernya tetapi dari masing-masing perangkat yang dimiliki oleh masyarakat, seperti produk China yang di produksi di luar negeri yang tidak ter-setting layanan 112, namun bagi produk China yang diproduksi di dalam negeri maka sudah ter-setting layanan 112,” pungkasnya.

Kedepannya, Kabupaten Tangerang juga akan dibantu oleh tim penyedia jasa yakni PT Jasnita yang akan selalu memonitor dan melakukan pembinaan apabila terjadinya kendala-kendala yang terjadi. Dan dari jaringan telekomunikasi, beberapa provider yang ikut dalam kegiatan ini juga akan terus mendampingi dan membantu. (JON)

Bagikan di Media Sosial mu

By admin