• Sen. Mei 16th, 2022

Top Tags

Ribuan Siswa SMKN 1 Kragilan Ikut Vaksinasi

Byadmin

Agu 23, 2021

 

SERANG, (beritasiber.co.id) – Program vaksinasi covid-19 terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Serang Provinsi Banten.Tdak hanya menyasar untuk orang dewasa. Kini, pemberian vaksinasi covid-19 menyasar anak remaja usia 17 tahun ke atas.

Vaksinasi untuk siswa di SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten, Senin (23/8/2021). Sebanyak 1.000 siswa menerima vaksinasi sinovac dosis pertama.

Salah seorang siswa Kelas XII SMKN 1 Kragilan Ahmad (19) mengaku tidak takut saat mendengar informasi untuk vaksinasi satu hari sebelumnya. Ia juga sudah mendapatkan izin dari orangtua untuk mengikuti program pemerintah tersebut.

“Tidak takut, biasa saja sih, efeknya sekarang belum terasa belum ada sakit,” tuturnya.

Penanggung jawab Program Imunisasi Puskesmas Pematang Abdul Muiz, SKM, MM menjelaskan vaksinasi untuk siswa di SMKN 1 Kragilan akan diikuti sekitar 1.000 siswa dan ditargetkan selesai dalam satu hari.

“Target kita 1.000 orang dari kelas X, XI dan XII” kata Kepala Puskesmas Pematang .

Abdul Muiz mengatakan, pihaknya harus menyelesaikan vaksinasi di SMKN 1 Kragilan dalam 1 hari, sebab pada hari berikutnya vaksinator harus melanjutkan vaksinasi untuk umum.

“Harus diselesaikan satu hari agar tidak menghalangi vaksinasi masyarakat umum,” terangnya.

“Untuk suntik dosis ke dua nanti setelah 28 hari mereka akan disuntik lagi,” ucapnya.

Untuk anak yang akan divaksin, ia menyarankan sebaiknya mengurangi aktivitas agar tidak terlalu lelah saat mengikuti vaksinasi. Dikhawatirkan jadi salah paham yang sebenarnya anak lelah akibat aktivitas bukan akibat vaksin.

“Kita menghindari salah persepsi dari orangtua dan anak,” tambah Abdul Muiz .

Secara umum vaksinasi anak/remaja lebih aman dibanding orangtua karena tidak memiliki penyakit komorbid. Saat pendaftaran anak juga akan discreening untuk mengetahui kondisi kesehatan apakah bisa lanjut disuntik atau tidak.

“Kalau dokter sudah mengarahkan untuk disuntik berarti anak itu aman,” katanya.

Kepala SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang Banten Adi Maryadi, M. Pd di dampingi Panitia Pelaksana vaksin Afrianta, S. Si juga sebagai Wakasek Kesiswaan mengatakan kepada media ini di SMKN 1 Kragilan, Senin (23/8/2021) pelaksanaan Vaksin di pantau langsung oleh Kapolsek Kragilan Kompol Andhi Kurniawan, dia memberikan apresiasi atas pelaksanaan vaksin berjalan tertib dan melaksanakan protokol kesehatan.

“ Sekolah kami  SMKN 1 Kragilan menggelar  vaksinasi, mengikuti anjuran pemerintah bisa dipercepat sehingga bisa tercapai  kekebalan Komunal (Imun) dan bisa terhindar dari Covid – 19. pelaksanaan vaksin pertama di sekolah kami sekitar 1.000 siswa  yang mengikuti vaksinasi, ada pun kuota yang di canangkan untuk 1.578 siswa, sehubungan dengan adanya siswa yang belum siap nanti menunggu tahap berikutnya, ujar Adi.

Siswa SMKN 1 Kragilan usai divaksin
“Kita ingin mendorong agar vaksinasi ini semuanya bisa dipercepat sehingga bisa tercapai kekebalan komunal dan kita bisa terhindar dari Covid-19,” ungkap Adi Maryadi, M. Pd.

Dengan adanya vaksin mudah-mudahan bisa melindungi dan menyelamatkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan belajar tatap muka di sekolah dan berinteraksi nantinya. (JON)

Bagikan di Media Sosial mu