• Sab. Feb 24th, 2024

Puskesmas Pematang Siap Melaksanakan Vaksinasi Booster

Byadmin

Jan 13, 2022

 

SERANG, (beritasiber.co.id) – Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada siaran konferensi pers, Selasa (11/1) yang lalu. Pemerintah Kabupaten Serang memastikan vaksinasi booster untuk covid-19, akan diberikan ke seluruh masyarakat secara gratis. Namun, prioritas diberikan kepada kelompok rentan dan lansia lebih dulu.

Diketahui, Pemkab Serang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Serang untuk saat ini masih mempersiapkan gelaran vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun yang rencananya dimulai pada Senin 17 Januari 2022 mendatang.

Kepala Puskesmas (Kapus) Pematang dr Abdul Muiz mengungkapkan pihaknya sudah siap jika pemerintah daerah Kabupaten Serang sudah mulai melaksanakan vaksinasi booster.
“Sebagai salah satu pusat layanan kesehatan masyarakat, kami sudah sangat siap untuk melaksanakan pemberian vaksin booster khususnya bagi masyarakat yang berada diwilayah kerja kami,” kata Abdul Muiz saat ditemui di kantornya, Kamis (13/01/2022).

Ia mengatakan pemberian vaksin booster gratis ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengingat virus corona mudah sekali bermutasi.

“Sama-sama kita ketahui, sebelumnya ada dua skema untuk program vaksinasi booster yaitu gratis dan berbayar. Namun, Alhamdulillah setelah siaran pers Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu menyatakan vaksinasi booster mulai digelar dengan gratis. Maka, Puskesmas Pematang sesuai arahan tersebut, masyarakat Kabupaten Serang akan mendapat vaksinasi booster secara bertahap dan gratis,” papar dr Muiz.

Syarat Mendapat Vaksin Booster Gratis
1. Prioritas bagi usia 60 tahun keatas
2. Priositas untuk kelompok rentan
3. Berusia 18 tahun keatas
4. Sudah divaksinasi dosis lengkap, dengan interval waktu enam bulan dari dosis kedua

Jenis Vaksin yang digunakan untuk Booster

1. Dosis satu Sinovac + dosis dua Sinovac maka boosternya Pfizer atau Astrazeneca
2. Dosis Satu Astrazeneca + dosis dua Astrazeneca maka boosternya Moderna

dr Muiz pun mengimbau, bagi seluruh masyarakat khususnya lansia dan kelompok rentan untuk nantinya dapat mengikuti vaksinasi booster setelah sudah dimulai pelaksanaannya, sebagai penambahan kekebalan tubuh.

“Pastinya, yang sudah divaksin tunggu sampai enam bulan dengan diiringi prokes ketat. Sedangkan yang belum dosis dua atau bahkan belum divaksinasi sama sekali, untuk segera vaksinasi, karena untuk kesehatan dan keamanan kita bersama,” imbaunya. (Mar)

 

Bagikan di Media Sosial mu

By admin