• Sab. Feb 24th, 2024

Bea Cukai Tangerang Serahkan Tiga Tersangka Tindak Pidana Cukai ke Kejari Tangsel

Byadmin

Mei 13, 2022

 

TANGSEL, beritasiber.co.id – Penyidik Bea Cukai Tangerang serahkan 3 (Tiga) tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Selatan (Kejari Tangsel), atas dugaan tindak pidana bidang cukai pada rokok senilai 1 (satu) milyar rupiah.

“Pada hari ini telah dilaksanakan yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti tahap dua dari Penyidik Bea Cukai Kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tangsel,” terang Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Tangsel, Purkon Rohiyat, di jalan Promoter Lengkong Gudang, BSD. Jumat 13/05/2022.

Purkon menambahkan ke tiga (3) tersangka diduga telah melakukan tindak pidana cukai dan ketiganya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

“Ketiga tersangka yaitu berinisial ZY (42) ZW (35) dan ZQ (45) masing-masing dilakukan penuntutan secara terpisah. Motifnya yaitu pada hari Senin tanggal 14 Maret 2022 sekitar pukul 14.00 Wlb bertempat di Sentral Cargo Tangerang Serpong Ja!an Raya Serpong KM. 8 Kelurahan Pakulonan Kecamatan Serpong Utara Tangsel, Ketiga tersangka diduga telah melanggar pasal 54 undang undang cukai yaitu telah menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai Iainnya,” ungkapnya.

Purkon juga menambahkan, selain melanggar pasal 54 para tersangka juga diduga telah melanggar pasal 56 Undang Undang Cukai.

“Tersangka juga diduga telah melanggar undang undang cukai pasal 56 dimana setiap orang yang menimbun, menyimpan, memiliki, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan barang kena cukai yang diketahuinya atau patut harus diduga berasal dari tindak pidana berdasarkan Undang-undang, diancam dengan pidana penjara 1-5 tahun dan/atau pidana denda 2-10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar,” ungkapnya.

Purkon melanjutkan akibat perbuatan tersangka Negara telah di rugikan hampir 1 Milyar rupiah.

“Bahwa akibat perbuatan tersangka Negara mengalami potensi kerugian sebesar, satu juta lima ratus enam puluh empat ribu enam ratus batang dikalikan enam ratus tiga puluh Iima rupiah per batang, maka nilai total kerugian Negara adalah sembilan ratus sembilan puluh tiga juta lima ratus dua puluh satu ribu rupiah,” pungkasnya. (**)

Bagikan di Media Sosial mu

By admin