• Sel. Jun 18th, 2024

Jasa Raharja Tangerang Bersama Tim Pembina Samsat Sosialisasi Diseminasi Pajak Daerah di Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Byadmin

Agu 3, 2023

Tangerang, beritasiber.co.id – Jasa Raharja Perwakilan Tangerang Cabang Banten bersama Tim Pembina Samsat Provinsi Banten melaksanakan sosialisasi Diseminasi Pajak Daerah dan Peran Jasa Raharja di Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global Tangerang yang dilaksanakan pada hari Kamis (03/08/2023). Mewakili Kepala Perwakilan Jasa Raharja Tangerang Cabang Banten nara sumber kegiatan sosialisasi ini disampaikan oleh PJ Bidang Asuransi dan Humas Rama Adhitya, yang mewakili Kepala Bapenda Provinsi Banten Ade Ilham, dan yang mewakili Ditlantas Polda Metro dihadiri oleh Iswinarni.

Dari tempat lain Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Perwkilan Tangerang Cabang Banten Hastuti menjelaskan bahwa salah satu tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah agar masyarakat dapat lebih memahami tentang aturan yang telah dikeluarkan pemerintah dalam hal ini yang ditugaskan kepada PT. Jasa Raharja.

Jasa Raharja saat ini menjalankan dua program sosial yang pertama, yakni asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum di darat, laut, udara, danau, sungai dan penyeberangan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 Jo PP No. 17 Tahun 1965. Kedua, asuransi kecelakan lalu lintas Jalan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965.

Dari UU No. 33 Tahun 1964, yang berhak menerima santunan yakni Setiap penumpang yang sah dari angkutan umum. Untuk UU No. 34 Tahun 1964, penerima santunan pihak ketiga diluar kendaraan penyebab (pejalan kaki, pengendara motor dan mobil yang ditabrak, pengendara sepeda, penyeberang jalan).

Jenis kecelakaan yang tidak dalam jaminan UU No. 34/1964, kecelakaan yang disengaja karena bunuh diri atau percobaan bunuh diri, Kecelakaan tunggal, Kecelakaan yang terjadi saat korban dalam keadaan mabuk atau tak sadarkan diri atau melakukan perbuatan kejahatan, Kecelakaan yang terjadi tidak langsung disebabkan oleh penggunaan kendaraan.

“Adapun itu tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja ialah pertama memberikan santunan, kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan angkutan umum dan menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan, Kedua menghimpun dan mengelola dana, dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak masyarakat atas santunan. Tidak lupa kami sampaikan kepada pemilik kendaraan bermotor untuk selalu taat aturan lalu lintas, selalu hati – hati dalam berkendara, dan bayar pajak sebelum habis masa waktunya.” Tutup Hastuti.

Bagikan di Media Sosial mu

By admin