• Sel. Mei 21st, 2024

BKPSDM Kota Tangerang Lakukan Tes Minat dan Bakat Siswa Tingkat SMP

Byadmin

Agu 7, 2023

Kota Tangerang, beritasiber.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melakukan penelusuran minat dan bakat siswa di tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang. Salah satunya yang dilakukan hari ini di SMP Negeri 9 Kota Tangerang, Kecamatan Cibodas, Senin (7/8/2023).

 

Kepala BKPSDM Kota Tangerang, Heryanto, mengatakan kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang dalam melakukan assesment terhadap siswa untuk melihat minat dan bakatnya. Tak hanya itu, hal ini juga agar dapat melihat gaya belajar siswa sebagai evaluasi pihak orang tua dan juga sekolah dalam menghadapi pola belajar siswa tersebut.

“Setelah sebelumnya melakukan penelusuran ke tiga SMP Negeri dan tiga SMP swasta. Kali ini dalam menyambut hari Kemerdekaan, kami mengadakan kembali di satu SMP Negeri dan dua SMP swasta. Dimana mereka akan mengisi beberapa soal yang telah disiapkan untuk hasilnya nanti melihat minat dan bakat siswa tersebut,” jelasnya.

 

Ia juga menjelaskan penelusuran minat dan bakat ini dikhususkan untuk siswa kelas sembilan, dikarenakan mereka akan menghadapi pilihan ke jenjang pendidikan selanjutnya yakni SMA/SMK. “Kegiatan akan dilakukan selama dua hari, hari ini di SMPN 9 Kota Tangerang, besok akan dilakukan di SMP Yadika 3 Karang Tengah, dan SMP Benteng Betawi, sesuai rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang,” sambung Heryanto.

Selain itu, para siswa akan mengisi 60 soal pertanyaan yang telah disiapkan dalam kurun waktu satu jam. Tentunya pertanyaan akan dibagi tiga bagian yakni bagian pertama tentang bakat, bagian kedua tentang minat, dan ketiga tentang gaya belajar. Soal-soal ini telah disesuaikan dengan peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 9 Kota Tangerang, Caswani, mengaku senang sekolahnya bisa melakukan penelusuran minat dan bakat pada 285 siswanya di kelas sembilan. Karena hasil ini bisa menjadi evaluasi bersama dengan orang tua agar lebih mengetahui tentang minat dan bakat para siswa.

“Kami sangat senang bisa menjadi salah satu yang dapat melakukan test minat bakat pada seluruh siswa kelas sembilan. Sehingga bukan hanya juga untuk para siswa yang dapat mengetahui apa yang mereka akan lakukan ke depannya, namun juga feedback untuk kami agar dapat mengarahkan mereka lebih baik lagi,” tutur Caswani. (**)

 

Bagikan di Media Sosial mu

By admin