• Sel. Jun 18th, 2024

Bupati Serang Sebut Anak Usia Dini Investasi Penting Peningkatan SDM

Byadmin

Jun 11, 2024

SERANG, (beritasiber.co.id) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan bahwa anak usia dini merupakan investasi yang sangat penting, untuk menciptakan sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas. Hal itu disampaikan Tatu usai melepas Gebyar Akhirussanah PAUD se Kabupaten Serang Pentas Seni dan Kreativitas Anak di Lapangan Tenis Indoor pada Selasa, 11 Juni 2024.

Tatu mengatakan bahwa gebyar akhirussanah PAUD merupakan kegiatan untuk memberikan semangat kepada para orang tua khususnya guru-guru paud, agar mereka lebih konsen lagi terhadap putra-putrinya. Karenanya perlu disadari bahwa anak-anak usia dini sangat penting investasi yang harus dilakukan untuk SDM Kabupaten Serang dimulai dari anak usia dini.

“Karena tadi sekali saya katakan, anak usia dini ini amat sangat penting berkaitan dengan perkembangan kecerdasannya, kesehatannya tentu harus kita siapkan. Terus pengenalan lingkungan sosial supaya mereka juga lebih peka terhadap orang lain. (Maka) untuk peningkatan PAUD ini dari berbagai sisi,”ujarnya kepada wartawan.

Diawali sebut Tatu, dari sisi pemberian beasiswa strata satu (S-1) atau sarjana untuk guru PAUD sudah masuk 2 gelombang yakni angkatan pertama 371 orang guru sudah lulus sarjana. Kemudian saat ini gelombang kedua ada 368 guru tengah menimba ilmu dari program beasiswa guru PAUD.

”Tujuannya tadi untuk supaya para guru PAUD punya bahan ajar atau cara mendidik anak-anak usia dini dengan benar, karena kalau salah mendidik tata caranya juga salah khawatir karena pembentukan karakter di mulai dari anak-anak usia dini. Ini bagian dari ucapan terimakasih kami dari jajaran Pemerintah Kabupaten Serang,”terangnya.

Sedangkan terkait sarana prasarana, Tatu mengungkapkan untuk saat ini pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan infrastruktur Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama (SDN/SMP). Kemudian kedua jika sudah mendekati selesai maka akan fokus penanganan sapras PAUD.

”Karena insfratruktur tempat belajar mengajar mereka harus kita perhatikan. Memang ada yang sudah bagus yang secara finansial mampun, namun jika yang tidak mempunyai kemampuan keuangan ini yang harus kita support,”katanya.

Ketua Forum Pendidik Satuan PAUD Sejenis dan Kader Bina Keluarga Balita atau FP SPS IKBA Kabupaten Serang, Kuratu Akyun mengatakan Gebyar Akhirussanah PAUD atau akhir yang baik bagi siswa siswi PAUD yang akan melanjutkan ke jenjang sekolah dasar. Adapun jumlahnya sebanyak 2.500 siswa siswi PAUD tersebar di 29 kecamatan se Kabupaten Serang. ”Dengan gebyar akhirussanah mereka kita antar dengan kebaikan,”ujarnya.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Asep Nugraha Jaya, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A), Encup Suplikhah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Warnerry Poetri, dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Subur Prianto. (*/Abdurrahman)

Bagikan di Media Sosial mu

By admin