• Sel. Jun 18th, 2024

Demi Tujuan Standar Pelayanan Minimal, Inspektorat Kabupaten Lebak Audit Dinas Kesehatan dan Pendidikan

Byadmin

Jun 11, 2024

LEBAK, (beritasiber.co.id) -Inspektorat Kabupaten Lebak melaksanakan Ekspose dan Penyerahan Naskah Hasil Audit Ketaatan terhadap penerapan SPM pada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Senin, (10/6/2024).

Sebagai penyelenggara Pelayanan Publik masyarakat tidak luput dari norma, aturan, standar dan ukuran yang harus dipenuhi, agar dapat menjalankan pelayanan secara akuntabel dan berkinerja tinggi.

Pasalnya, pencapaian kinerja pelayanan publik seringkali terkendala akibat adanya variasi dalam penyelenggaraan dan proses pelayanan.

Untuk itu, salah satu upaya untuk mengurangi variasi proses tersebut adalah dengan melakukan standarisasi.

Maka dari itu, salah satu standar pelayanan yang telah disusun dan ditetapkan oleh Pemerintah adalah Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah tugas pemerintah, yang wajib diperoleh setiap warga negara secara minimal, sebagaimana telah diatur dalam peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal

Selanjutnya, penerapan SPM dan pemenuhan pelayanan dasar tersebut, yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

Urusan pelayanan Kesehatan dan Pendidikan merupakan urusan wajib pelayanan dasar yang menjadi tanggung jawab dan harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Untuk itu, semoga hasil Audit Ketaatan terhadap SPM Bidang Kesehatan dan Pendidikan dapat mencapai tujuan, untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa pelaksanaan SPM sudah sesuai dengan ketentuan. (*/Abdurrahman)

Bagikan di Media Sosial mu

By admin