• Thu. Jul 4th, 2024

    Disporapar Kabupaten Serang Latih dan Uji Kompetensi Puluhan Barista

    ByTop Admin

    Jul 4, 2024

    SERANG, (beritasiber.co.id) -Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang memberikan pelatihan dan uji kompetensi bagi barista ekonomi kreatif yang tersebar di Kabupaten Serang. Pelatihan bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan, pengalaman dan ilmu pengetahuan barista di bidangnya.

    Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya mengatakan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari yakni 1 sampai 3 Juli 2024 di Alissa Resort Anyer Kecamatan Anyer. Pelatihan para barista sebagai upaya untuk mendukung peningkatan ketrampilan yang dimiliki para barista, serta sertifikat kompetensi di bidang barista.

    “Sehingga dapat mendukung perkembangan pariwisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat tentunya,”ungkap Anas melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik pada Kamis, 4 Juli 2024.

    Pejabat Fungsional Sumber Daya Manusia Bidang Pemasaran Disporapar Kab Serang, Muhamad Jumadi menambahkan, pelatihan dilakukan juga untuk menambah wawasan, pengalaman dan ilmu pengetahuan di bidangnya. Sedangkan untuk uji kompetensi tujuannya untuk proses penilaian atau mengukur dan memastikan kompetensi seseorang dalam bidang tertentu dalam hal ini pelaku ekraf di bidang barista.

    “Selain itu juga untuk menentukan apakah seseorang tersebut kompeten atau belum pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu. Lebih jelasnya arista adalah sebutan bagi orang yang punya keahlian khusus untuk membuat dan menyajikan minuman berbasis espresso yakni jenis minuman kopi yang diekstraksi memakai mesin khusus (mesin espresso),”jelasnya.

    Adapun untuk peserta yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi sebanyak peserta 20 orang atau barista dari beberapa kecamatan di Kabupaten Serang selama 3 hari Senin sampai Rabu, 1-3 Juli 2014. Untuk 2 hari pertama dilakukan pelatihan, dna hari ke 3 uji kompetensi.

    “Sedangkan untuk narasumber pelatihan dari LPK Mega Job Bekasi, dan penguji kompetensi asesor dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata Nusantara Bekasi,”papar Jumadi. (*/Abdurrahman)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *